Popular Post

Posted by : Mukhlis Mifta Minggu, 10 Mei 2015

Hai Gan...
salam hangat buat para aktivis debat... Hehehehe

disini saya akan berbagi ilmu materi debat tentang Kurikulum 2013 atau yang biasa disebut KURTILAS...

ayo langsung saja...
Silahkan baca dengan cermat dan pahami...


Tema : Dilaksanakannya UN Online
TIM PRO

TIM KONTRA
Batasan masalah :
Kami setuju UN dilakukan dengan CBT (Computer Based Test) Online dengan batasan UN Online dilaksanakan di beberapa sekolah yang ditunjuk oleh pemerintah.

Fakta:

Benang merah :


Benang merah :
JADI kami tidak setuju UN dilaksanakan secara Online karena banyaknya kendala yang didapat ketika pelaksanaan UN.



Argument 1 :
Kami setuju jika diadakan  kurikulum 2013 karena dapat meningkatkan soft skill dan hard skill.
Fakta 1 :
Berdasarkan informasi yang kami dapatkan dari website kaskus.co.id meningkatkan soft skill (pelajaran) dan hard skill (ketrampilan/ praktik) yang meliputi aspek kompetensi sikap, keterampulan dan pengetahuan.

Argument 1:
Kami tidak setuju jika diadakannya kurikulum 2013 karena kurikulum 2013 dibuat tidak melalui riset dan evaluasi yang mendalam.
Fakta 1.1:
Fakta 1.2 :
Berdasarkan informasi yang kami peroleh dari
Argument 2 :
Kami setuju jika diadakannya kurikulum 2013 karena tidak hanya diajarkan secara verbal, tetapi melalui contoh dan teladan
Fakta 2.1 :
Berdasarkan informasi yang kami dapatkan dari website kaskus.co.id -
Fakta 2.2 :
Berdasarkan informasi yang kami dapatkan dari website Antaranews.com

Argument 2:
Kami tidak setuju jika diadakannya kurikulum 2013 karena memberatkan siswa, karena jam pelajaran ditambah padahal siswa mempunyai batas maksimal waktu konsentrasi dalam belajar
Fakta 2.1 :
Berdasarkan informasi yang kami peroleh melalui website kaskus.co.id bahwa dengan adanya kurikulum 2013 dapat memforsir waktu siswa disekolah untuk belajar dan mengikuti ekstrakurikuler yang diwajibkan dalam ketentuan Kurikulum 2013 contohnya ekstrakuler pramuka.

Fakta 2.2 :
Argument 3:
Kami setuju jika diadakannya kurikulum 2013 karena penilaian dilakukan secara otentik sebab penilaian mengukur semua kompetensi sikap, keterampilan dan pengetahuan berdasarkan proses dan hasil.
Fakta 3.1:
Berdasarkan informasi yang kami dapatkan dari website
Fakta 3.2 :
Berdasarkan informasi yang kami dapatkan dari website

Argument 3 :
Kami tidak setuju jika diadakannya kurikulum 2013 karena Ketidaksiapan guru karena terkesan mendadak.
Fakta 3.1 :
Berdasarkan informasi yang kami peroleh melalui website kaskus.co.id bahwa  guru membutuhkan waktu yang lama untuk persiapan mengajar. Pelatihan yang dilakukan sekali atau duakali tidak akan mencukupi pemahaman guru terhadap kurikulum 2013.

Fakta 3.2 :
Berdasarkan informasi yang kami peroleh melalui website kompas.com bahwa kurikulum 2013 ini justru kurang fokus karena terlalu ideal karena tidak mempertimbangkan kemampuan guru serta tidak dilakukan uji coba dulu di sejumlah sekolah sebelum diterapkan.
Argument 4:
Kami setuju jika diadakannya kurikulum 2013 karena menggunakan pendekatan sains dalam proses pembelajaran (mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyajikan, menyimpulkan, mencipta) untuk semua mata pelajaran
Fakta 4 :


Argument 4 :
Kami tidak setuju jika diadakannya kurikulum 2013 karena Penilaian tidak hanya pada level KD (kompetensi dasar), tetapi juga kompetensi inti dan SKL (Standar Kompetensi Lulusan)

Fakta 4 :

Argument 5:
Kami setuju jika diadakannya kurikulum 2013 karena
Fakta 5 :
Berdasarkan informasi yang kami dapatkan dari

Argument 5 :
Kami tidak setuju jika diadakannya kurikulum 2013 karena kegitan pembelajaran terlalu monoton.
Fakta 5.1 :
Berdasarkan informasi yang kami dapat dari website kaskus.co.id bahwa dalam kurikulum 2013, guru tidak lagi diwajibkan untuk membuat sillabus atau bahan ajar. Ini berbeda dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang sebelumnya diterapkan. guru hanya akan seperti robot karena semua sudah disiapkan pemerintah sehingga dapat menumpulkan kreativitas para guru

Fakta 5.2 :
Berdasarkan informasi yang kami dapat dari website bioners.wordpress.com Guru seakan terpaku pada isi buku panduan tersebut karena apa yang akan diajarkan hingga rancangan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) sudah diatur di dalamnya. Dengan segala sesuatunya sudah disiapkan, guru hanya tinggal melaksanakan dan seolah hanya menjalankan tugas sesuai pakem tertentu.





Antisipasi tambahanPRO:
1.      Nasional.News.VIVA.co.id -Secara khusus Anies juga meminta agar selama pelaksanaan ujian, tidak ada kendala dalam aliran listrik. "Saya minta kepada PLN untuk memastikan aliran listrik tetap terjaga selama UN berlangsung," ujarnya.
2.      Mengenai infrastruktur computer kemendikbud mengklaim tidak akan ada masalah karena setiap sekolah menpunyai komputer sendiri.
3.      Kemendikbud akan melakukan uji coba Ujian Nasional Berbasis Komputer (UN CBT) di 585 sekolah yang ada di 26 provinsi.
4.      Antaranews.com - Ujian dengan sistem CBT telah diantisipasi misalnya jika komputer rusak atau hang maka pengerjaannya dapat dilanjutkan kembali seseuai dengan pengerjaan lanjutannya. "Kalau sudah mengerjakan 30 soal dari 100 soal maka ketika komputer hidup tinggal melanjutkan kembali, karena ada sistem langsung merekam," katanya.
5.      Menurutnya, sistem komputerisasi dalam ujian akan dibuat secara bervariasi. Sehingga tingkat kejujuran siswa dalam menjalankan ujian juga bisa diuji. Bahkan, jika pun ada kebocoran, perubahan soal juga bisa dilakukan secara cepat.
6.      Antaranews.com - AntisipasiSMAN 3 Sukabumi jika terjadinya genjala nonteknis pihaknya juga menyiapkan dua genset masing-masing 9 ribu watt, 10 unit komputer cadangan dan server sebanyak tiga unit.
7.      Antaranews.com - "Jadi ini bukan ujian nasional online, tetapi menggunakan komputer. Ujian nasional berbasis komputer. Ini kan tidak tersambung dengan Internet, tetapi pakai jaringan wilayah lokal atau LAN. Jadi, jangan keliru," katanya di Istana Wakil Presiden Jakarta, Rabu.
8.      Dia menjelaskan, para siswa dalam pengerjaan soal-soal ujian nasional tersebut akan menggunakan komputer dalam jaringan lokal (local area network/LAN) sebagai pengganti lembar soal dan lembar jawaban.
9.      Sejumlah komputer yang digunakan, menurut dia, harus terhubung satu sama lain dengan pusat komputer (server) guna mengoperasikan soal ujian nasional bagi masing-masingsiswa. "Komputer yang digunakan itu bukan berdiri sendiri, artinya harus ada jaringan internalnya, yang terhubung dengan server sehingga nanti dimasukkan bahan ujiannya," kata Anies.
10.  TEMPO.CO , Jakarta: Sekretaris Jenderal Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI), Retno Listyarti, mengatakan Ujian Nasional 2015 mengalami penurunan pelaporan kecurangan. Berdasarkan pemantauan Posko Pengaduan Ujian Nasional di 46 kota kabupaten, jumlah kecurangan turun 60 persen dibanding tahun sebelumnya.
Antisipasi tambahan PRO Surat kabar :
1.      Berdasarkan informasi yang kami peroleh dari surat kabar Bogor Today edisi 14 April 2015, Bambang mengatakan “Apabila komputer yang hang sudah disiapkan 8 unit komputer cadangan. Seperti komputer, gengset, jaringan, dan komputer untuk server. Kita sudah koordinasi dengan PLN pusat gar tidak mematikan listrik mulai pukul 07.00-16.00 sore.”
2.      Berdasarkan informasi yang kami peroleh dari surat kabar Kompas edisi 14 April 2015, jika UN dilaksanakan secara manual PBT(Paper Based Test) pemerintah harus mencetak soal, menditribusikan soal, serta menyiapkan gudang penyimpanan naskah.
Antisipasi tambahan KONTRA :
1.      Menurut informasi yang kami dapatkan melalui fxekobudi.net bahwa kebijakan penghapusan mata pelajaran TIK di kurikulum 2013 dapat menyebabkan penjajahan di bidang perangkat lunak komputer bagi sekolah indonesia.
2.      Apabila menggunakan PBT(Paper Based Test) soal UN dapat digunakan untuk pembelajaran alumni berikutnya. Tetapi jika UN dilaksanakan secara online maka tidak akan ada contoh soal sebagai media pembelajaran untuk alumni berikutnya.
3.      Berdasarkan informasi yang kami peroleh dari surat kabar Kompas edisi 14 April 2015, di Yogyakarta saat hujan deras mengguyur listrik di SMKN 3 tiba-tiba padam sekitar pukul 12.30. Murid yang sedang ujian seketika gaduh. Mereka mengeluhkan atas soal yang telah meraka kerjakan hampir selesai.
4.      Berdasarkan informasi yang kami peroleh dari surat kabar Kompas edisi 14 April 2015, Di Jayapura , Papua ujian di SMK Negri 2 sempat terhenti 10-20 menit karena pemadaman listrik. Adapula kasus travo terbakar di SMKN 17 Temanggung, Jawa Tengah yang menyebabkan ujian mundur 30 menit.
5.      Berdasarkan informasi yang kami peroleh dari surat kabar Kompas edisi 14 April 2015, beragam masalah gangguan pada komputer juga mewarnai ujian. SMKN 1 Banjarmasin laptop yang digunakan seorang peserta tiba-tiba start ulang dengan sendirinya dan soal ujian tidak bisa dibuka. Di kota Kediri, Jawa Timur, soal di SMKN 2 dan SMKN 3 tidak dapat dibuka. Ratusan siswa yang dijadwalkan ujian pada pagi hari diundur pada sore hari.
6.      Duniabaca.com – Koneksi internet terganggu, UN molorPelaksanaan ujian akhir nasional (UN) dengan sistem Computer Base Test (CBT) di SMK 3 Jayapura, Papua molor. Ujian yang seharusnya dilaksanakan pukul 08.00 WIT belum juga kunjung dimulai karena gangguan koneksi internet.
Dari pantauan di lapangan, sampai pukul 08.55 WIT ujian belum juga dimulai. Akibatnya 56 peserta ujian resah dan masih menunggu komputer mereka terkoneksi internet.
7.      Duniabaca.com – Tidak bisa login, sebagian siswa gagal UNSejumlah hambatan mewarnai pelaksanaan UN untuk pertama kali dengan metode Computer Based Test (CBT). Sebut saja kendala mati lampu, server sibuk sampai kendala operasional lainnya.Bahkan sistem CBT atau online ini menyebabkan hampir separuh siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, gagal mengikuti ujian nasional mata pelajaran bahasa Indonesia.Kepala SMK Negeri 3 Kasihan Rahmat Supriyono mengatakan 27 siswa gagal mengikuti UN online karena sebelum mengerjakan soal, mereka gagal login atau salah memasukkan username dan password yang diberikan pusat.
8.      Duniabaca.com –Mati lampu, ujian ditundaHari ini siswa SMA/SMK untuk pertama kalinya ujian dengan menggunakan sistem online atau metode Computer Based Test (CBT). Metode online ini rupanya banyak menemui kendala teknis.Sebagai contoh, UN di SMK 2, SMK 3 dan SMK 5 di Abepura, Papua. Di sekolah ini UN online terhambat karena mengalami pemadaman listrik.Listrik yang padam selama 13 menit ini, menyebabkan 756 pelajar sedang ujian berhenti mengerjakan soal ujian. Akhirnya ujian pun diulang lagi setelah listrik menyala pada 09.35 WIT.
9.      Duniabaca.com - Server overload, jawaban tidak masukUjian nasional (UN) dengan sistem Computer Base Test (CBT) atau online mengalami sejumlah kendala di beberapa tempat. Selain Papua, kendala UN dengan sistem ini terjadi juga di di SMA Cendana dan SMAN 8 di Pekanbaru, Riau.“Ini karena bukan kendala teknis dari pihak sekolah tetapi dari Pusat Penilaian Pendidikan di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,” kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Riau, Dwi Agus Sumarno dikutip Antara, Senin (13/4).Kendala paling serius terjadi di SMA Cendana yang mempunyai peserta ujian 37 siswa. Hal itu terjadi karena seluruh komputer tidak tersambung secara online ke Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik).

Jangan Lupa Komentarnya yah Gan... Hehehe...
SEMOGA BERMANFAAT YAH GAN...

{ 1 komentar... read them below or add one }

  1. terimakasih ilmunya semoga dicatat sebagai amal ibadah aamiiin

    BalasHapus

- Copyright & Muklis; Membuka Cakrawala Dunia - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Mukhlis Mifta -